Rabu, 16 Februari 2011

Pengertian comunity by arfandy

PENGERTIAN COMMUNITY DEVELOPMENT


”Pengembangan masyarakat didefinisikan sebagai suatu proses yang dirancang untuk menciptakan kemajuan kondisi ekonomi dan sosial bagi seluruh warga masyarakat dengan partisipasi aktif dan sejauh mungkin menumbuhkan prakarsa masyarakat itu sendiri”.
” COMMUNITY DEVELOPMENT” merupakan suatu cara untuk memperkuat warga masyarakat dan untuk mendidik mereka melalui pengalaman yang terarah agar mampu melakukan kegiatan berdasarkan kemampuan sendiri untuk meningkatkan kualitas kehidupan mereka sendiri pula”. 
Dari ke dua definisi tersebut dapat difahami dua hal :
a. Masalah utama dalam CD/LD adalah sosial ekonomi.
b. Mensyaratkan partisipasi penuh warga masyarakat di dalam seluruh proses kegiatan (mulai dari gagasan sampai kepada pemanfaatan).
Konsep ini diterapkan pada sebuah lingkungan masyarakat setempat (locality/community), yang biasanya masih memiliki norma-norma sosial tentang konsensus, homogenitas, dan harmoni (identik dengan masyarakat perdesaan).


1. Tujuan :
a. Tujuan antara :
membangkitkan partisipasi penuh warga masyarakat.
b. Tujuan akhir :
perwujudan kemampuan dan integrasi masyarakat untuk dapat membangun dirinya sendiri.
2. Pendekatan :
Dengan bertumpu pada inisiatif dan partisipasi penuh warga masyarakat, maka penerapan CD/LD lebih ditekankan kepada upaya untuk mengembangkan kapasitas warga masyarakat (client-centered) daripada pemecahan masalah demi masalah (problem-centered).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar